6 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Angpao Imlek

6 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Angpao Imlek

Angpao Imlek dalam Tradisi Cina, Ini 6 Fakta Menarik Dibaliknya!

Angpao imlek, jeruk mandarin, kue keranjang, apalagi yang identik dengan imlek? Chinese New Year atau tahun baru cina atau yang lebih dikenal dengan imlek akan tiba. Imlek 2023 tanggal berapa? Tahun baru imlek 2023 jatuh pada hari Minggu, 22 Januari 2023.

Berdasarkan zodiak Cina, tahun 2023 ini disebut tahun kelinci air. Apa sih artinya? Tanda kelinci ini melambangkan kedamaian, kemakmuran, dan umur yang panjang. Dengan kata lain, tahun 2023 diprediksi sebagai tahun harapan.

Mengapa Kita Merayakan Tahun Baru Imlek?

Legenda yang berkembang mengatakan bahwa tahun baru imlek berasal dari pertempuran kuno melawan nian. Monster itu memakan manusia dan hewan ternak. Untuk mengusirnya, orang-orang mengenakan merah, menyalakan lilin, membakar bambu, dan memajang kertas berwarna merah. Tradisi tersebut terus berlanjut hingga sekarang. Legenda ini juga sekaligus menjelaskan kenapa imlek serba merah.

Perayaan Imlek berlangsung selama 16 hari. Sebagai wujud perayaan orang-orang akan memulainya dengan membersihkan dan mendekorasi rumah, memasak makanan imlek, mengunjungi makam leluhur, hingga menyapa keluarga serta kerabat mereka.

Tradisi Memberi Angpao Merah


Salah satu yang sangat identik dalam perayaan imlek adalah tukar amplop atau angpao. Angpao imlek berisi uang, dan biasanya kepada anak-anak dan manula pensiunan. Mereka yang menerima angpao berharap memperoleh tahun yang aman dan damai.

Apa tujuan memberi angpao imlek? Pemberian angpao dilakukan sebagai wujud rasa syukur akan waktu setahun yang telah berlalu. Selain itu, angpao juga merupakan bentuk syukur atas tahun baru yang hadir. Di mana dapat  berkesempatan untuk  berkumpul dengan sanak famili dalam keadaan sehat.

Fakta Unik tentang Angpao Merah

Menariknya, adanya angpao merah dalam perayaan imlek memiliki cerita tersendiri. Berikut ini adalah 5 hal unik yang harus kamu tahu tentang angpao.

Baca Juga:  Custom Tumbler Natal Edisi Spesial

1. Bungkus Angpao Berwarna Merah

Angpao berasal dari kata hong (merah) dan bao (bungkus). Kenapa angpao dibungkus kertas berwarna merah? Ternyata pemilihan warna merah ini bukan tanpa alasan loh. Warna merah pada dasarnya dipilih karena melambangkan keberuntungan, sukacita,  dan semangat mengusir energi negatif pada pergantian tahun.

2. Angpao Berisi Permen

Tahu nggak sih Twin Creative, pada zaman dulu angpao masih berupa makanan untuk anak-anak seperti permen dan manisan. Barulah pada masa dinasti Ming dan Qing, pemberian angpao berganti menjadi uang. Meskipun pada akhirnya kebanyakan uang tersebut juga digunakan untuk membeli manisan, kue, atau petasan.

3. Aturan Nominal Angpao 

Saat memberikan angpao dikenal dua aturan umum yang tidak boleh dilanggar, yaitu nominal angpao tidak boleh dimulai dengan angka 4 dan angka ganjil. Menurut orang Tionghoa angka 4 dianggap membawa sial. Pasalnya pengucapan angka 4 terdengar mirip dengan kata ‘kematian’. Tak jauh berbeda, angka ganjil juga identik dengan pemakaman.

4. Angpao Merah Tidak Boleh Dititipkan

Angpao merah hanya boleh diberikan secara langsung, tidak boleh diwakilkan atau dititipkan. Memberikan angpao menjadi tanggung jawab pribadi. Aktivitas memberi angpao berlangsung selama dua minggu (14 hari). Jadi dapat dipastikan kamu punya cukup waktu untuk memberikan kepada orangnya langsung.

5. Menikah Wajib Memberi Angpao

Jika penerima angpao adalah anak-anak dan manula. Orang yang sudah menikah wajib hukumnya untuk terlibat dalam tradisi pemberian angpao. Hal ini dilakukan sebagai tanda kemakmuran dan wujud membagi kebahagian kepada anak-anak. Selain itu, orang yang menikah dianggap sudah dewasa dan mandiri karenanya wajib memberi angpao.

6. Larangan Memberi Angpao Bagi Jomblo

Sebaliknya, orang yang belum menikah masih menjomblo atau berpacaran tidak boleh memberi angpao merah. Wah, kalau dilanggar gimana ya?  Kalau orang yang belum menikah tetap memberi angpao, konsekuensinya adalah akan kesulitan menemukan jodoh. Serem juga ya. Para jomblo tetap boleh kok memberi uang kepada anak-anak tetapi hanya sebatas memberi uang jajan, bukan angpao.

Baca Juga:  Ketahui 3 Fungsi Stempel yang Utama!

Rekomendasi Angpao Imlek Terbaik

Gimana, sudah bersiap menyambut kehadiran tahun baru imlek? Jika kamu belum juga menyiapkan kebutuhan untuk Chinese New Year, kamu bisa banget kunjungi situs Twin Digital. Di situs kami, kamu dapat menemukan berbagai kebutuhan imlek seperti angpao imlek, kartu ucapan, paket hampers imlek, dan custom produk spesial imlek lainnya. Kamu juga bisa mendapatkan produk tersebut di Shopee atau Tokopedia.

Angpao Imlek 2023 Twin Digital