Bagaimana Mengakhiri Ramadhan dengan Penuh Pahala?

Bagaimana Mengakhiri Ramadhan dengan Penuh Pahala?

Bagaimana Mengakhiri Ramadhan dengan Penuh Pahala?

Bagaimana mengakhiri ramadhan dengan baik? Tak terasa puasa Ramadhan segera berakhir. Tinggal menghitung hari saja kita bisa menikmati berkahnya bulan Ramadhan. Tentu sedih rasanya jika kita meninggalkan Ramadhan dengan perasaan hampa dan sia-sia.

Tahukah kamu bagaimana menutup Ramadhan yang penuh dengan pahala? Sehingga tidak ada waktu yang sia-sia dalam menggapai keberkahan. Di bawah ini, Twin Digital ingin membagikan informasi mengenai cara mengisi hari-hari terakhir di bulan Ramadhan.

Bagaimana Mengakhiri Ramadhan dengan Baik?

Apa yang dilakukan di akhir Ramadhan? Mengutip buku Ramadhan dan Pembangkit Esensi Insan: Pengajian 30 Malam Ramadhan karya Shabri Shaleh Anwer, S.Pd.I M.Pd.I berikut adalah beberapa hal yang mesti dilakukan dalam mengakhiri Ramadhan.

1. Membayar Zakat Fitrah

Bagaimana mengakhiri Ramadhan dengan baik? Salah satu kewajiban yang tidak boleh dilewatkan menjelang penutupan Ramadhan adalah membayar zakat fitrah. Mengutip Baznas, zakat fitrah dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian kepada orang yang kurang mampu. Di samping itu, zakat fitrah juga dilakukan dalam rangka membagi kebahagiaan dan kemenangan di hari raya.

2. Memperbanyak Ibadah

Memperbanyak ibadah adalah jawaban terbaik untuk menjawab pertanyaan “Bagaimana mengakhiri Ramadhan”. Mengapa kita perlu banyak memperbanyak ibadah? Sebab tidak ada jaminan bahwa kita akan bisa bertemu dengan bulan Ramadhan tahun depan. Oleh karena itu, sebagai muslim yang berakal sangat baik untuk mengakhiri Ramadhan dengan beribadah sebanyak-banyaknya. 

3. Membaca Doa Khatam Quran

Langkah dalam mengakhiri Ramadhan ini khusus bagi mereka yang sudah berhasil khatam Al Quran. Bagaimana mengakhiri Ramadhan yang penuh berkah? Tadarus atau membaca Quran dengan tuding ngaji hingga selesai menjadi tradisi dalam bulan Ramadhan. Semua orang berlomba untuk menutup Ramadhan dengan baik. Ada yang khatam 1 kali, 2 kali, 3 kali, dan bahkan lebih. Namun akan lebih berpahala lagi, jika kamu mengakhirinya dengan tadarus bersama. 

Baca Juga:  Tips Menggunakan Hand Sanitizer Custom 100% Efektif

4. Memperbanyak Takbir

Bagaimana mengakhiri Ramadhan dengan penuh ketakwaan? Selain pada malam idul fitri, melantunkan takbir juga bisa dilakukan sepanjang Ramadhan, terutama di 10 malam terakhir Ramadhan. Kamu bisa melantunkan takbir pada waktu-waktu tertentu. Misalnya, setelah shalat fardhu, saat beri’tikaf di masjid, atau pada momen-momen lainnya. 

5. Bersedekah 

Sebuah Hadist yang diriwayatkan At-Turmudzi dari Anas berbunyi “Sedekah paling utama adalah sedekah di Ramadhan”. Dengan melakukan amal seperti sedekah di bulan Ramadhan, termasuk kegiatan yang disukai Nabi Muhammad SAW. Mengutip situs Muslim.or.id, sebagai balasan melakukan sedekah di bulan Ramadhan, pahala kamu akan dilipatgandakan 10 hingga 700 kali lipat. Berdasarkan Al A’raf ayat 16 khusus amalan sedekah di bulan Ramadhan dilipatkan-gandakan lagi sesuai kehendak Allah.

Itulah lima cara terbaik untuk menghabiskan malam Ramadhan. Untuk meningkatkan kualitas ibadah, kamu bisa membeli produk spesial Ramadhan di Twin Digital. Cek koleksi terbaru kami berupa mukena, sajadah, hijab, dan tuding ngaji.