perbedaan flyer dan brosur

Best Tips & Trick! 4 Perbedaan Flyer dan Brosur


Best Tips & Trick! 4 Perbedaan Flyer dan Brosur – Masih banyak orang yang keliru serta bingung perbedaan flyer dan brosur. kali ini twindigital.id akan memberikan perbedaan antara flyer dan brosur. Walaupun pada hakikatnya flyer dan brosur sama-sama memberikan informasi mengenai suatu informasi yang akan dibagikan kepada orang banyak dengan menggunakan media penyebaran bahan kertas. Saat ini, memang sudah dalam memberikan informasi dengan media sosial akan tetapi flyer dan brosur masih memiliki keunggulannya tersendiri. Maka dari itu , simak perbedaan flyer dan brosur berikut.

Dalam memasarkan produk, layanan, atau menginformasikan suatu kegiatan, pengetahuan, atau informasi lainnya, penggunaan kertas selebaran memang sudah menjadi andalan utama sejak awal ditemukannya mesin percetakan hingga percetakan digital. Mulai dari selembar kertas sederhana hingga semakin bermunculannya beragam jenis, bentuk, serta desain yang beragam seiring dengan kemajuan teknologi terutama di dunia printing.

Beberapa perangkat yang umum digunakan saat ini dalah brosur dan flyer, yang mana kedua jenis itu sangat sering kita dengar tetapi kadang kita tidak mengetahui perbedaannya seperti apa. Sebelum mengarah kepada perbedaan flyer dan brosur, twindigital.id akan membahas terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan brosur dan flyer tersebut sehingga kalian semua dapat gambaran pada umumnya. Media promosi untuk menyebarkan informasi memang lah hampir mirip-mirip jadi tentunya kalian harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan flyer dan brosur.

Pengertian Flyer

Flyer adalah lembaran yang tercetak secara tunggal (tidak ada lipatan) dan digunakan untuk menarik perhatian publik terhadap sebuah acara, pelayanan, produk, ataupun ide. Flyer, atau lebih akrab disebut dengan selebaran, pada umumnya hanya berisi info-info secara garis besar karena untuk dibaca secara cepat. Flyer biasanya dibagikan secara manual dari tangan ke tangan kepada orang-orang yang sedang berjalan, baik di pinggir jalan, di dalam sebuah acara, pameran, ataupun tempat umum populer di sekitar Kalian. Karena dirancang khusus untuk media promosi praktis, hanya sedikit penerima selembaran yang akan menyimpannya.

Setelah merasa sudah cukup mendapatkan informasi yang diinginkan, penerima cenderung akan membuangnya ke tempat sampah. Proses penyebaran dan buang inilah yang akhirnya membuat media promosi kertas menamakannya fly-er atau terbang dan beterbangan. Flyer yang paling umum adalah menggunakan kertas art paper 120-150 gsm dan berukuran A5 atau A6, atau terkadang ada yang mencetaknya pada selembar kertas A4, baik hitam putih ataupun berwarna.

Pengertian Brosur

Brosur adalah perangkat pemasaran yang umumnya digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan dan memiliki beberapa halaman atau satu halaman yang dilipat beberapa kali (lipat dua ataupun lipat tiga). Biasanya brosur akan berisi gambar beserta informasi seputar produk atau jasa dari suatu bisnis, usaha, atau perusajaan dan bentuk brosur biasanya tidak dijilid tetapi ada beberapa yang menjilidnya. Untuk brosur yang dijilid ini umum disebut dengan nama Buklet.

Beberapa brosur juga berbentuk selebaran yang biasanya dilipat dua atau tiga, dan dicetak berwarna pada kedua sisinya. Ciri-ciri utama brosur adalah pada bentuknya yang dilipat dua atau tiga, dan terkadang ada yang dijilid menjadi sebuah buklet, serta umumnya akan dicetak pada kedua sisi (depan dan belakang). Brosur terkadang disebut juga dengan leaflet atau bahkan beberapa orang ada yang menyebut brosur sebagai pamflet, yang bentuknya memang serupa. Lipatan pada brosur ini dilipat menggunakan teknik rel menggunakan alat, sehingga tidak muncul retakan pada kertas yang dilipat, yang umumnya muncul apabila dilipatnya secara manual.

Perbedaan Flyer dan Brosur

Faktor utama perbedaan flyer dan brosur adalah pada bentuk dan ukurannya, dan juga beberapa faktor lainnya seperti tujuan dan kegunaan, kertas, dan juga harga. Berikut ini twindigital.id akan menjelaskan secara lengkap perbedaan flyer dan brousr sehingga bisa semakin jelas dan memudahkan kalian dalam mengetahui informasi mengenai masing-masing media pemasaran tersebut.

A. Berdasarkan Tujuan dan Kegunaan

Apabila dilihat dari tujuan dan kegunaannya, perbedaan flyer dan brosur tidak memiliki perbedaan apapun dikarenakan umumnya sama-sama digunakan untuk menyebarkan atau mempromosikan suatu produk, jasa, atau kegiatan. Namun dikarenakan luas ruang yang berbeda pada masing-masing perangkat, maka tentunya ini akan berpengaruh pada strategi pemasaran serta pada kepadatan informasi yang bisa dimasukkan ke dalamnya. Flyer yang umumnya hanya selembar dan dicetak pada satu sisi, biasanya hanya akan berisikan informasi yang jelas, namun menarik perhatian dengan slogan yang catchy atau kata-kata yang memancing rasa ingin tahu.

B. Berdasarkan Ukuran

Lalu perbedaan flyer dan brosur lainnya adalah berdasarkan ukuran, yang sudah beberapa kali kami singgung, yaitu secara umum brosur memiliki ukuran yang lebih besar dan memiliki lipatan, sementara flyer umumnya lebih kecil dan tidak memiliki lipatan. Brosur biasanya menggunakan kertas ukuran A4 atau Folio, yang dilipat dua sama sisi atau lipat tiga sama sisi sehingga membentuk beberapa panel yang memiliki luas yang sama, sehingga bisa dilipat secara sempurna.

C. Berdasarkan Kertas

Perbedaan flyer dan brosur selanjutnya adalah berdasarkan bahan kertas serta finishing yang digunakan, yang sebenarnya tidak terlalu berbeda dan variatif tergantung keatifitas dan kebutuhan pembuatnya. Kertas pada brosur menggunakan kertas art paper yang agak tebal, minimal 150 gsm ke atas, dan biasanya akan diberikan finishing berupa laminasi, baik itu laminasi glossy supaya terlihat mengkilat ataupun doif supaya terlihat lebih lembut dan mewah.

Sementara kertas pada flyer umumnya menggunakan HVS, art paper, serta art carton yang, tergantung kebutuhannya, ketebalannya bisa bervariasi antara 120 gsm hingga menggunakan art carton yang tebal dan tanpa finishing. Apabila yang diinginkan adalah selebaran yang mudah dibagikan dan dibawa-bawa, kedua perangkat sebenarnya memang ditujukan untuk itu, tetapi flyer lebih ringkas dan mudah dibawa karena bentuknya yang hanya selembar dan tanpa lipatan.

D. Berdasarkan Harga

Apabila dilihat dari harga atau biaya produksinya, pembuatan brosur akan jauh lebih mahal dikarenakan banyaknya elemen-lemen tambahan dalam proses pembuatannya, sementara pada flyer proses produksi lebih sederhana. Produksi brosur akan disertai biaya-biaya tambahan seperti biaya rel atau melipat, dan juga biaya laminasi glossy atau dof, di luar biaya-biaya umum seperti biaya cetak dan potong. Sementara produksi flyer akan jauh lebih murah dikarenakan hanya akan ada biaya cetak dan potong saja, tanpa biaya rel atau lipat, dan umumnya juga tanpa biaya laminasi.

Itulah 4 Perbedaan flyer dan brousr bagi kalian yang bingung dalam membedakannya. Perbedaan flyer dan brosur memang tidak terlalu signifikan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui. Semoga dengan adanya artikel ini, kalian bisa mengetahui perbedaan flyer dan brosur ya!

Hanya di twindigital.id yang memberikan harga yang terjangkau mengenai cetak flyer dan brosur! tak hanya itu, pengerjaan twindigital.id sangat cepat karena kami memiliki sistem “one day service” yaitu satu hari pengerjaan dan keesokan harinya baru pengiriman. Bagi kalian yang ingin mengunjungi toko kami berlokasi di Jalan Tebet Utara Dalam No.28, RT.10/RW.01, Tebet Timur, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

Bagi kalian yang ingin memesan secara online caranya cukup mudah! kalian hanya perlu daftar akun dengan memasukan email, pilih produk yang ingin kalian custom, masukan desain bagi kalian yang memiliki desain, pilih berapa kuantiti yang ingin kalian custom, setelah itu checkout dan melakukan pembayaran serta memilih jasa ekspedisi yang kalian pilih. Berbicara mengenai harga, twindigital.id memberikan harga yang terjangkau untuk cetak brosur dan flyer yang dijual start from Rp 6.000. per-A3 Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai flyer dan brosur di twindigital.id kalian bisa langsung tanyakan melalui whatsapp dikanan bawah ya.

Temukan Twin Digital di:

Situs web: twindigital.id
Situs Blog Web: twindigital.co.id
Facebook. :  twindigitalprinting
Instagram:  twindigital.id
Tiktok:  twindigital.id
Shopee:  shopee.co.id/twin_creative  dan  shopee.co.id/twindigitalprinting
Tokopedia:  tokopedia.com/twindigital


Artikel Terkait Lainnya