Cara Belajar Baca Alquran Lebih Cepat dengan Tuding Ngaji!

Cara Belajar Baca Alquran Lebih Cepat dengan Tuding Ngaji!

Cara Belajar Baca Alquran Lebih Cepat dengan Tuding Ngaji!

Cara belajar baca alquran dari nol yang mudah gimana ya? Pada bulan Ramadhan salah satu aktivitas yang perlu banget ditingkatkan adalah mengaji atau membaca alquran. Semakin banyak membaca Alquran, akan semakin banyak juga pahala yang didapatkan.

Seperti yang disebutkan dalam artikel Kemenag Banjarnegara, pada bulan Ramadhan pahala membaca alquran akan dilipatgandakan. Oleh karena itu, saat berpuasa sebaiknya kita perlu memperbanyak membaca alquran.

Bagi orang yang sudah fasih membaca alquran, melafalkan ayat per ayat dalam alquran sangatlah mudah. Bahkan dapat dikatakan terasa menyenangkan membacanya. Namun bagaimana dengan yang masih belum fasih? Yuk pelajari cara belajar baca alquran berikut!

Bagaimana Cara Belajar Alquran Sendiri dengan Cepat?

Apakah bisa belajar baca Alquran sendiri? Tentu saja. Seperti belajar hal yang lainnya, kamu juga bisa belajar membaca alquran secara otodidak. Apalagi pada zaman yang serba modern seperti sekarang ini, di mana sudah ada Video Call, Zoom, dan Youtube. 

Kamu bisa mengetahui cara belajar baca alquran yang baik dari banyak sarana pembelajaran tersebut. Setiap waktu kamu bisa memutar video di Youtube untuk mempelajari bacaan alquran yang benar sesuai makhrajnya. 

Kemudahan teknologi internet juga memfasilitasi kamu untuk belajar mengaji secara privat melalui panggilan video atau aplikasi serupa Zoom. Tipsnya, gunakan tuding ngaji supaya kamu bisa membaca alquran dengan tartil.

Metode Baca Alquran Apa Saja?

Mengutip situs Al Hasanah, metode membaca alquran yang umum diajarkan kepada seseorang yang sedang menemukan cara cepat baca alquran dari nol terdiri dari At-Tahqiq, At-Tartil, At-Tadwir, dan Al-Hadr. Penjelasannya sebagai berikut.

1. At-Tahqiq

Metode ini berfokus pada pelafalan makharijul khuruf dan huruf hijaiyah. Kamu diharapkan dapat mengetahui panjang pendeknya tiap bacaan ayat Alquran. Pada tahapan metode ini, kamu juga akan mempelajari tentang tajwid atau hukum bacaan. Mulai dari qalqalah, idgham, hingga 14 hukum tajwid lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga berkenalan dengan waqaf, washal, hingga saktah. Ini adalah tanda yang harus diperhatikan saat membaca alquran sehingga kamu tahu di mana harus berhenti atau lanjut.

Baca Juga:  6 Merchandise Unik untuk Perusahaan Kreatif dan Kekinian

2. At-Tartil

At-tartil bermakna perlahan-lahan. Dalam membaca Alquran setiap pembaca diharapkan membacanya dengan perlahan-lahan atau tidak terburu-buru. Dengan metode at-tartil, pembacaan alquran kamu akan menjadi lebih teliti. Umumnya, pembacaan alquran metode ini sangat bermanfaat untuk diaplikasikan ketika menjadi imam sholat di masjid.

3. At-Tadwir

Metode baca alquran berikutnya, At-Tadwir. Membaca alquran dengan metode ini dimaksudkan sedang, tidak terburu-buru, dan tidak juga menggunakan tempo yang terlalu lambat. 

4. Al-Hadr

Sebagai metode yang terakhir, cara belajar baca alquran dengan metode Al-Hadr dapat dilakukan dengan membaca alquran dengan ringkas dan cepat. Metodenya, perpendeklah bacaan mad, namun tetap memperhatikan tanda baca untuk memenuhi tanda baca bahasa Arab. 

Nah itulah tips dan cara belajar baca alquran dari nol dengan baik. Sempurnakan bacaan alquran kamu untuk terus meningkatkan kualitas membaca alquran. Jangan lupa gunakan tuding ngaji supaya kamu semakin perhatian terhadap setiap tajwid dan makhraj hurufnya.