5 Tips Memilih Makanan Sahur agar Kuat Puasa

5 Tips Memilih Makanan Sahur agar Kuat Puasa

5 Tips Memilih Makanan Sahur agar Kuat Puasa

Makanan sahur agar kuat puasa apa ya? Tak dimungkiri puasa dari sebelum matahari terbit hingga terbenam matahari membuat kita lemas. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan apa yang kamu makan. 

Percaya atau tidak, bagaimana kamu menjalani harimu bergantung pada bagaimana asupan sahur kamu. Inilah saatnya untuk mengetahui apa saja jenis makanan agar kuat puasa nantinya. 

Makanan yang Harus Dikonsumsi agar Tetap Berenergi

Jadi sahur makan apa biar kuat puasa? Puasa ramadhan yang sehat selalu dimulai dengan sahur yang sehat. Berikut adalah makanan sahur agar kuat puasa yang mesti kamu stok di kulkas!

1. Pilih Makanan yang Tinggi Protein 

Makanan sahur agar kuat puasa haruslah mengandung protein tinggi. Protein adalah komponen makanan yang penting selama ramadhan. Ini membantu kamu untuk dapat menahan rasa lapar dan kenyang lebih lama selama berpuasa. Contoh makanan berprotein yang baik untuk dikonsumsi ketika sahur antara lain, telur, ikan, ayam, dan kacang-kacangan.

2. Karbohidrat Gandum Utuh

Tak ada salahnya mengganti nasi menjadi karbohidrat lain yang mengandung gandum utuh. Misalnya, roti gandum, oatmeal, dan sereal. Ini adalah salah satu opsi makanan sahur. Kamu bisa memberikan menu sahur ini terutama untuk anak-anak yang sedang dalam fase pertumbuhan. 

3. Konsumsi Lemak Sehat

Rekomendasi makanan sahur yang berikutnya, mengandung lemak sehat. Kita semua tahu bahwa lemak sehat dapat membuat kamu kenyang sepanjang waktu puasa. Bagi kamu yang terbiasa diet, menu lemak sehat mungkin kerap kamu konsumsi. Namun jika kamu belum pernah melakukannya, beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi antara lain selai kacang, alpukat, dan biji rami.

4. Makan Buah Setiap Sahur

Buah dan sayuran adalah makanan sahur yang perlu kamu konsumsi agar kuat puasa. Buah dan sayur memiliki serat dan kandungan air yang tinggi, sehingga membantu kamu terhidrasi selama puasa. Beberapa pilihan terbaik antara lain semangka, timun, stroberi, dan selada. 

Baca Juga:  Bagaimana Mengakhiri Ramadhan dengan Penuh Pahala?

5. Jadikan Air Minum sebagai Prioritas

Untuk menghindari dehidrasi saat puasa, kamu bisa jadikan air sebagai prioritas asupan. Sangat penting untuk memastikan bahwa kamu cukup minum saat sahur. Sebagai cadangan air, kamu harus minum 2 hingga 3 gelas air mineral sebelum sahur. Jadi, kamu jangan lupa untuk minum dengan cukup ya. Kalau kamu termasuk orang yang malas untuk minum, kamu bisa gunakan tumbler plastik dundee yang tersedia di etalase Twin Digital. 

Nah, itulah makanan sahur yang perlu kamu konsumsi. Sebagai penyemangat agar kuat puasa, kamu bisa berikan hampers kepada teman-teman kesayangan kamu. Cek di sini daftar produknya!