Mau Bagi-bagi Amplop Lebaran, Ini Tips Mengalokasikannya!

Mau Bagi-bagi Amplop Lebaran, Ini Tips Mengalokasikannya!

Mau Bagi-bagi Amplop Lebaran, Ini Tips Mengalokasikannya!

Amplop lebaran menjadi salah satu produk khas lebaran yang ditunggu-tunggu semua kalangan, terutama anak-anak. Apalagi kalau amplop tersebut memiliki desain yang super lucu. Nggak cuma anak-anak yang bakalan tertarik, tetapi juga orang dewasa.

Tradisi bagi-bagi amplop pas idul fitri atau biasa disebut dengan THR menjadi kebiasaan yang lumrah saat hari raya idul fitri. THR lebaran menjadi wujud rasa syukur atas kesuksesan melampaui ibadah sepanjang bulan Ramadhan

Mengenal Amplop THR

Kalau pas Chinese New year, amplop yang dibagikan dinamakan angpao, amplop lebaran namanya apa ya? Apa nama amplop buat lebaran? Amplop buat lebaran biasanya disebut dengan amplop THR. 

Tahu nggak sih amplop lebaran terbuat dari kertas apa? Amplop THR ini biasanya diprint pakai kertas Art Paper 150 gsm. Keunggulan kertas ini adalah lebih tahan lama. Jenis kertas ini memiliki ketahanan yang lebih baik dari jenis kertas lainnya, termasuk tidak mudah rusak, tidak mudah menyerap air sehingga kamu tidak perlu khawatir jika terkena tumpahan air.

Berbicara mengenai ukuran amplop lebaran, spesifikasi ukuran amplop THR yang pas untuk dibagikan adalah 7 x 16 cm. Ukuran ini sangat cocok untuk dipegang dan dibawa-bawa oleh anak-anak atau disimpan di dalam tas.

Bagaimana Cara Mengalokasikan THR Pas Lebaran 2023?

1. Catat Daftar Penerima Amplop Lebaran

Langkah yang pertama kali harus dilakukan adalah mencatat daftar penerima amplop. Dengan membuat daftar penerima amplop, kamu bisa mengetahui berapa besar jumlah uang yang akan dialokasikan untuk THR. Dengan adanya jumlah besaran dana THR, pengeluaran itu menjadi lebih terkontrol.

2. Tetapkan Budget Khusus THR Lebaran 

Setelah kamu mengetahui daftar penerima amplop lebaran, kamu bisa menentukan besaran yang diperlukan. Supaya kamu nggak tekor, usahakan mengalokasikan dana THR tidak berasal dari tabungan atau dana darurat kamu.

Baca Juga:  Cetak Popsocket agar Handphone Terlihat Kece dan Kekinian

3. Amplop Berdasarkan Usia

Kamu bisa membagikan amplop dalam beberapa kategori. Misalnya, membaginya berdasarkan kategori usia. Dengan penentuan kategori ini kamu bisa lebih jelas dalam budgeting THR Lebaran 2023 tersebut. Contoh saja, kamu bisa bagi-bagi THR ke anak TK, SD, atau SMP.

4. Siapkan Uang Kertas yang Baru Ditukar

Bukan rahasia umum lagi kalau uang dalam amplop adalah uang baru. Uang tersebut biasanya berasal dari uang pecahan lama yang ditukar dengan uang baru di bank. Misalnya, untuk anak TK besarannya 5 ribu, anak SD besarannya 10 ribu, anak SMP 20 ribu, dan anak SMA 50 ribu.

5. Masukkan Uang Ke Dalam Amplop yang Lucu

Kamu bisa memasukkan uang tersebut ke dalam amplop dengan desain lucu. Tak harus amplop yang mahal, sekarang sudah banyak kok amplop desain menarik yang harganya murah. Salah satunya, seperti yang ditawarkan Twin Digital. Amplop ini didesain dengan template yang lucu. 

Rekomendasi Amplop THR Lebaran 2023

Mau beli amplop THR dengan desain yang lucu dan menarik buat dibagikan saat idul fitri nanti? Twin Digital menawarkan amplop lebaran dengan kertas yang berkualitas. Amplop ini terbuat dari kertas Art paper 150 gsm dengan ukuran 7×16 cm. Pastinya tersedia banyak template yang menarik dong. Bahkan, kamu bisa custom desain sesuai dengan keinginan kamu loh. Beli sekarang di sini!