Munggahan Puasa: Tradisi Bermaafan Menjelang Ramadhan

Munggahan Puasa: Tradisi Bermaafan Menjelang Ramadhan

Munggahan Puasa: Tradisi Bermaafan Menjelang Ramadhan

Munggahan puasa adalah tradisi yang dilakukan umat Islam dalam menyambut bulan puasa Ramadhan. Kapan munggahan puasa dilakukan? Acara munggahan biasanya dilaksanakan pada akhir bulan Sya’ban atau dalam satu atau dua hari menjelang Ramadhan. 

Apa Arti Munggahan Puasa?

Apa yang dimaksud dengan munggah? Mengutip buku Tradisi-tradisi Menyambut Ramadan di Indonesia dan Dunia, “Munggah” berasal dari kata “Unggah”, yang bermakna naik undakan untuk masuk. Dalam konteks bulan Ramadhan, kata “Munggah” ini bermakna “Naik ke Bulan yang Lebih Tinggi Derajatnya”. 

Dalam pemaknaan lebih lanjut, munggahan puasa artinya wujud rasa syukur dan bahagia umat Islam yang dilakukan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan. 

Tradisi munggahan biasa dikenal di daerah sunda seperti Jawa Barat dan Banten. Sementara itu, tradisi yang serupa dengan munggahan ini juga dikenal dengan nama megengan di daerah Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Megengan sendiri berasal dari kata “Megeng” yang berarti “Menahan”. Dengan kata lain, manusia diajak menahan diri untuk melakukan segala perbuatan yang dapat membatalkan puasa.

Apa yang Dilakukan saat Munggahan?

Apa saja isi munggahan? Bentuk pelaksanaan acara ini sangat bervariasi. Namun umumnya acara ini diisi dengan kegiatan berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk makan bersama, berdoa, dan saling bermaaf-maafan.

1. Makan Bersama
Salah satu cara untuk merayakan momen kebersamaan menjelang puasa Ramadhan dengan makan bersama. Momen makan bersama ini biasa disebut botram dalam kebudayaan sunda. Makan bersama ini dapat dilakukan di rumah atau di suatu tempat seperti di kebun, di pantai, atau di pinggir sungai. Biar praktis kamu bisa pakai cutlery set custom dari Twin Digital loh.

2. Saling Bermaafan
Saat munggahan puasa, orang-orang juga saling bermaafan. Mengapa hal ini dilakukan? Tujuannya tidak lain agar semua orang menjalani ramadhan dengan hati yang bersih. Termasuk dengan cara menghilangkan perasaan negatif yang ada kepada orang lain. Tak jarang permintaan maaf ini juga dilakukan dengan pemberian hampers spesial Ramadhan. Cek hampers edisi Ramadhan yang tersedia di etalase kami!

Baca Juga:  Custom Korek Api Kekinian dengan Harga Bersahabat!

3. Berziarah
Mengunjungi makam kerabat yang sudah lebih dulu meninggalkan dunia atau berziarah juga dilakukan saat munggahan puasa. Kegiatan berziarah ini bukan sekadar mengunjungi, tetapi juga melakukan doa bersama terutama untuk kerabat yang sudah meninggal dunia. Di samping itu, aktivitas ziarah juga diisi dengan kegiatan membaca alquran dengan tuding ngaji.

4. Bersedekah
Sebagian waktu dalam munggahan puasa juga diisi dengan bersedekah. Amalan sedekah yang dilakukan sehari menjelang puasa Ramadhan ini disebut juga dengan sedekah munggah. Momen berbagi ini biasanya dimulai dengan berkumpul bersama dan diimbangi dengan aktivitas sedekah. Baik sedekah uang, atau bingkisan yang bermanfaat bagi penerimanya.

Itulah informasi mengenai munggahan puasa yang perlu kamu ketahui. Baca artikel kami lainnya di sini atau ikuti kami di media sosial.