5 Tips Lebaran Sehat untuk Pola Makan Aman

5 Tips Lebaran Sehat untuk Pola Makan Aman

5 Tips Lebaran Sehat untuk Pola Makan Aman

Tips lebaran sehat selalu menjadi topik obrolan saat hari raya idul fitri. Setelah menjalani puasa Ramadhan selama sebulan, kamu pasti menginginkan makanan yang enak. Namun kamu harus tetap berhati-hati demi kesehatan yang terjaga.

Makanan lebaran cenderung mengandung makanan berlemak, bersantan, dan memiliki kadar manis yang tinggi. Jenis-jenis asupan ini tentunya tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Lalu, bagaimana caranya mengontrol makanan dan minuman saat lebaran? Apakah mungkin memiliki pola makan yang sehat saat kumpul lebaran nanti? Jawabannya tentu saja, ya. Ikuti tips-tips berikut yuk!

Tips Sehat untuk Perayaan Lebaran yang Aman

Enaknya makan apa ya pas lebaran? Ada banyak makanan lezat yang tersedia saat hari lebaran tiba. Meskipun pertemuan lebaran tidak dapat dihindari, kamu pasti dapat menerapkan 5 tips lebaran sehat berikut!

1. Konsumsi Daging dengan Cara yang Tepat

Bagaimana cara konsumsi daging dengan cara yang tepat? Pertama, buang lemak sebanyak mungkin. Sebisa mungkin pilihlah daging dengan kandungan lemak yang lebih rendah. Misalnya, daging sapi tanpa lemak atau daging ayam atau ikan. 

2. Hindari Makanan Berminyak

Konsumsi makanan berminyak yang terlalu banyak dapat merusak lapisan lambung dan gangguan pencernaan. Jika kamu ingin memakan makanan berminyak, ambilah dalam jumlah sedikit. Ingat, selezat apapun makanan berminyak, jangan pernah makan berlebihan ya.

3. Perhatikan Kadar Gula

Selain makanan berminyak, makanan yang ramai saat lebaran adalah makanan yang mengandung gula. Tips lebaran sehat berikutnya juga tak kalah penting loh. Sebab makanan ataupun minuman berkadar gula tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak. Salah satu triknya, bagilah makanan atau minuman itu dengan orang lain.

4. Kontrol Porsi Makan

Latihan mengontrol porsi makan saat hari lebaran tak kalah penting. Kamu pasti tidak mungkin menghindari pertemuan dengan orang-orang. Jadi bagaimana tips lebaran sehat berikutnya? Cara terbaik untuk makan lebih sedikit adalah dengan melakukan obrolan dengan orang-orang terdekat. Tujuannya agar kamu lebih berkonsentrasi pada percakapan dan lebih sedikit pada makanan lezat. 

Baca Juga:  7 Ide Dekorasi Imlek di Rumah yang Membawa Keberuntungan

5. Utamakan Tetap Terhidrasi

Tips lebaran sehat yang terakhir adalah jagalah dirilah kamu tetap terhidrasi. Setelah 30 hari berpuasa, kemungkinan yang terjadi adalah kadar glikogen menjadi kacau. Dengan minum banyak air, kamu dapat membuat level glikogen  menjadi normal kembali. Ini akan membuat kamu merasa segar dan energik sepanjang hari. Jadi, utamakan minum air mineral ya daripada sirup yang manis-manis.

Rayakan Lebaran dengan Hampers Idul Fitri

Pertemuan saat hari raya idul fitri menjadi hari berkumpul yang mengesankan. Tapi jangan cuma menyediakan makanan dan minuman khas lebaran saja. Meriahkan momen lebaran kali ini dengan hampers spesial idul fitri. Yuk beli hampers spesial dari Twin Digital sekarang juga!