6 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

6 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

6 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

Tips menjaga kesehatan di bulan ramadhan menjadi kunci dalam menggapai hari raya yang meriah. Tentu saja ini bukan hal yang mudah. Pasalnya kita harus beradaptasi dengan kebiasaan yang baru selama sebulan. Mulai dari bangun sahur sebelum terbit matahari, hingga menjalani ibadah malam termasuk sholat tarawih.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri yang menarik. Apalagi mengingat pahala dan manfaat puasa Ramadhan yang berlimpah. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan di bulan suci Ramadhan? 

Twin Digital merangkumnya di bawah ini. Berikut adalah 6 tips menjaga kesehatan saat menjalani puasa Ramadhan. Simak sampai habis yuk!

Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

1. Jangan Lewatkan Makan Sahur

Sahur memiliki peranan yang penting atas kesehatan selama berpuasa. Untuk itu, konsumsi makanan sahur yang menyeimbangkan tubuh agar kuat puasa. Misalnya sayur dan buah. Saat sahur sebaiknya hindari makanan berminyak tinggi karena akan menyumbat pembuluh darah. Makanan berminyak tinggi disinyalir kerap membuat kantuk di siang hari.

2. Pola Buka Puasa yang Teratur

Tips menjaga kesehatan di bulan Ramadhan berikutnya berkaitan dengan pola makan saat buka puasa. Ketika azan magrib sudah berkumandang, kamu mungkin akan makan terburu-buru. Cara makan yang seperti ini akan menyebabkan perut kaget dan menjadi sesak. Saat berbuka puasa, sangat disarankan untuk mengonsumsi kurma, alpukat, atau jenis buah lainnya. Utamanya jangan langsung makan makanan berat ya.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Berpuasa bisa membuat tubuh kekurangan cairan. Kondisi ini pun rentan membuat tubuh dehidrasi. Oleh karena itu, jagalah tubuh supaya tetap terhidrasi. Salah satu caranya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur, serta kecukupan cairan tubuh pasca berbuka hingga sahur. Sebagai rekomendasi kamu bisa bawa tumbler custom saat bepergian, sehingga kamu nggak kelewatan buka puasa.

Baca Juga:  5 Alasan Mengapa Tumbler Stainless Steel Wajib Dimiliki

4. Istirahat dengan Cukup

Selain pola makan yang teratur, kamu juga harus memiliki waktu istirahat yang cukup. Terlebih lagi saat Ramadhan, di mana kamu mesti bangun sahur sebelum terbit matahari. Meskipun begitu, kamu harus tetap memiliki jam tidur selama 6 hingga 8 jam. Oleh karena itu, di siang hari kamu sangat perlu untuk tidur sejenak (power nap). Tips menjaga kesehatan di bulan Ramadhan ini bisa kamu terapkan saat di kantor ataupun di sekolah. 

5. Hindari Kafein dan Makanan Manis

Minuman yang mengandung dapat membuat kamu terus merasa kurang kenyang. Oleh karena itu, hindarilah minuman jenis ini saat berbuka maupun sahur. Beberapa minuman yang mengandung kafein antara lain teh, coklat, dan kopi. Bukan cuma minuman berkafein, makanan pedas juga harus kamu hindari. Makanan pedas bisa meningkatkan kadar asam di lambung. Begitupun dengan makanan manis yang banyak terkandung di antara menu buka puasa seperti takjil.

6. Jaga Kebersihan Tangan

Tips menjaga kesehatan di bulan ramadhan yang terakhir adalah menjaga kebersihan tangan. Di mana pun kamu berada, usahakan tangan kamu selalu terjaga kebersihannya. Kamu bisa menjaganya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Sebagai rekomendasi, kamu bisa beli hand sanitizer custom di Twin Digital. Kami menyediakan berbagai model hand sanitizer dengan custom desain yang lucu.

Nah, itulah tips puasa dengan pola hidup sehat dari kami. Yuk aplikasikan tips-tips di atas ke dalam keseharian kita selama sebulan.