6 Tips Menjelang Lebaran untuk Akhir Ramadhan yang Meriah

6 Tips Menjelang Lebaran untuk Akhir Ramadhan yang Meriah

6 Tips Menjelang Lebaran untuk Akhir Ramadhan yang Meriah

Tips menjelang lebaran ini harus kamu persiapkan dan nggak boleh kelewatan. Idul fitri adalah salah satu momen paling membahagiakan dalam setahun. Berikut beberapa tips menjelang lebaran agar kamu bisa merayakan akhir Ramadhan dengan meriah.

Apa Persiapan yang Harus Dilakukan Menjelang Lebaran?

1. Membersihkan Rumah

Tidak ada yang lebih memuaskan bila semuanya rapi dan teratur. Untuk itu, tips menjelang lebaran dimulai dari membersihkan rumah. Hari raya idul fitri menjadi momen berharga untuk menjalin hubungan persaudaraan yang lebih erat. Agar suasana rumah menjadi nyaman, kamu mesti membersihkan rumah. Mulai dari mengecat ulang ruangan tamu, mengganti gorden dan taplak meja. Kamu bisa cek home decor yang keren di sini!

2. Siapkan Hampers dan Uang THR

Hari raya idul fitri sangat identik dengan pemberian angpao atau THR lebaran. Sebagai apresiasi kepada anak-anak yang berkunjung ke rumah, kamu bisa memberikan mereka amplop THR. Selain memberikan kebahagiaan, THR juga memupuk tali silaturahmi anak-anak. Tips menjelang lebaran, sebaiknya kamu juga menyiapkan hampers atau kado lebaran. Hadiah ini bisa kamu berikan kepada orang-orang spesial seperti orang tua, mertua, dan kakek nenek di kampung.

3. Belanja Pakaian Hari Raya Idul Fitri

Belanja pakaian lebaran menjadi tips menjelang lebaran berikutnya. H-7 lebaran adalah waktu yang paling ideal untuk berbelanja kebutuhan lebaran. Jangan berbelanja pada menit-menit terakhir menjelang lebaran. Sebagai alternatif, kamu juga bisa belanja lebaran secara online. Utamanya jika kamu tidak terlalu punya waktu untuk berbelanja secara langsung. Tipsnya perhatikan estimasi waktu kedatangan paket ya. Jangan sampai kamu tidak mengenakan pakaian hari raya kamu karena paketnya terlambat datang.

4. Berikan Amal dan Zakat

Zakat fitrah adalah amalan wajib yang tak boleh ketinggalan menjelang lebaran. Jika kamu ingin membayar zakat fitrah, kamu bisa memberikan beras 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Mengutip Baznas, zakat fitrah paling lambat dibayarkan sebelum pelaksanaan salat idul fitri. Dengan membayar zakat fitrah, kamu telah menunjukkan kepedulian dan membagi kebahagian terhadap orang yang lebih membutuhkan.

Baca Juga:  4 Tips Memilih Merchandise yang Tepat untuk Kebutuhan Acara

5. Memasak Makanan Lebaran

Tips menjelang lebaran berikutnya adalah memasak makanan lebaran. Salah satu santapan lebaran yang khas antara lain opor ayam, rendang, semur ayam, dan ketupat. Jangan lupa menyiapkan makanan khas lebaran untuk para sanak famili yang berkunjung ke rumah. Selain makanan khas, kamu juga bisa menyiapkan kue lebaran coklat sebagai cemilan.

6. Silaturahmi dengan Teman-teman

Nah, tips menjelang lebaran yang terakhir adalah bersantai dan bersenang-senang. Kamu bisa mengakhiri jam-jam terakhir ramadhan dengan bersilaturahmi dengan keluarga, Idul fitri adalah perayaan yang berharga. Setiap keluarga muslim memiliki caranya masing-masing. Misalnya, jalan-jalan, bertukar hampers, atau ikut takbiran di masjid. Apapun itu, kamu harus menikmati akhir Ramadhan. Baca lebih lanjut tentang bagaimana mengakhiri ramadhan dengan berkesan.

Mau hari raya idul fitri kamu makin meriah? Yuk dapatkan berbagai kebutuhan lebaran kamu di Twin Digital! Cek di sini untuk stalking etalase online Ramadhan dan Idul Fitri kami ya!