5 Tips Produktif di Bulan Ramadhan

5 Tips Produktif di Bulan Ramadhan

5 Tips Produktif di Bulan Ramadhan

Tips produktif di bulan Ramadhan sangat penting untuk diketahui. Menjalankan puasa memang tidaklah mudah, apalagi jika cuaca sedang panas-panasnya. 

Terkadang kamu bisa merasa sangat lelah dan malas melakukan apapun. Hal ini pun membuat kamu hanya sedikit yang kamu kerjakan saat puasa. Dengan kata lain, produktivitas kamu akan berkurang akan berpuasa. 

Namun ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif dan menjaga work-life balance saat puasa. Bagaimana caranya? Simak tips produktif di bulan Ramadhan berikut ini!

Tips Produktif saat Puasa

Kurangnya produktivitas, apalagi jika pekerjaan kita membuat stres. Jadi bagaimana agar bisa tetap produktif walau ada kondisi harus berpuasa? Inilah mengapa kamu harus melakukan hal-hal berikut untuk menjaga produktivitas kamu.

1. Atur Jam Tidur 

Tips produktif di bulan Ramadhan yang pertama, mulailah dengan mengatur jam tidur dengan baik. Kamu perlu mengatur dua jadwal yaitu, jadwal tidur malam dan jadwal sahur. Jika begadang adalah kebiasaan kamu, maka kamu harus menghindarinya pada bulan Ramadhan ini. Bisa-bisa kamu tidak tepat waktu sholatnya. Gunakan sajadah dan mukena Twin Digital supaya semangat ibadahnya.

2. Makan Sahur Secukupnya

Jika kamu ingin puasa Ramadhan berjalan lancar. Tips produktif di bulan Ramadhan yang berikutnya, jangan pernah lewatkan sahur. Sebaliknya, makan sahur secukupnya. Makanlah makanan yang bergizi seperti daging, buah, dan sayur. Baca di sini untuk mengetahui makanan sahur agar tetap kuat puasa

3. Buat Daftar Pekerjaan Setiap Harinya

Supaya produktivitas kamu terjaga, buatlah daftar pekerjaan yang akan kamu lakukan setiap harinya. Sebagai tips produktif, maksimalkan waktu pagi kamu. Sebab, pagi hari menjadi waktu yang paling baik untuk mengoptimalkan fungsi otak. Jika terlalu berat, kamu bisa memaksimalkan waktu tersebut untuk ibadah. Misalnya, baca alquran dengan tuding ngaji

Baca Juga:  5 Tips Memilih Makanan Sahur agar Kuat Puasa

4. Rencanakan Waktu Istirahat dengan Baik

Bagaimanapun padatnya pekerjaan kamu, usahakan untuk selalu merencanakan waktu istirahat. Jangan biarkan dirimu berlama-lama di media sosial untuk sesuatu yang tidak ada artinya. Seiring berjalannya hari, rasa lapar dan lelah akan menghampiri. Sebagai tips di bulan Ramadhan, beristirahatlah di sore hari. Namun jangan sampai kebablasan hingga buka puasa ya.

5. Jaga Diri agar Tetap Terhidrasi

Bagaimana caranya menjaga agar diri tetap terhidrasi saat puasa Ramadhan? Ada banyak cara untuk membuat dirimu terhidrasi selama puasa. Pertama, minumlah 8 cup setiap harinya. Kedua, kurangi konsumsi garam ke dalam makanan sahur. Sebaliknya, konsumsi makanan dan minuman yang manis. Tambahkan sayur dan buah yang kaya akan serat dan vitamin. Tips produktif di bulan Ramadhan yang terakhir, jangan konsumsi kafein seperti teh dan kopi.

Itulah tips tetap produktif saat puasa. Sudah siap menjalankan ibadah puasa? Sambut bulan suci Ramadhan dengan berbagai produk custom spesial Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H.